Hidup Sehat

Manfaat Pepaya

Pepaya diyakini menyumbang banyak manfaat bagi tubuh dalam sekali konsumsi. Hal tersebut diperkuat dengan sejumlah penelitian yang menyebut kalau buah padat ini mampu dijadikan dua treatment sekaligus, yakni bidang kesehatan dan kecantikan.

Manfaat pepaya untuk kesehatan

manfaat pepaya muda untuk payudara

Di bidang kesehatan, pepaya telah dibuktikan bahwa mampu melancarkan pencernaan, mengatasi flu, dan mencegah serangan jantung.

Selain itu, harganya yang tergolong murah membuat pepaya selalu jadi pilihan nomor satu sebagai komponen obat herbal paling mujarab. Orang dulu konon juga mengandalkan pepaya untuk mengobati beberapa jenis penyakit:

1. Menyehatkan pencernaan

manfaat pepaya hijau untuk kecantikan

Pepaya selalu jadi nomor satu soal melancarkan pencernaan dalam tubuh. Hal itu dikarenakan pepaya mengandung serat dan enzim papain yang berfungsi merawat kesehatan lambung serta melancarkan proses buang air besar.

Tidak perlu cara khusus untuk menikmati pepaya, karena memang pada umumnya pepaya hanya disantap begitu saja tanpa melalui proses pengolahan khusus.

2. Mengatasi flu akut

manfaat pepaya campur susu

Flu akut biasanya sangat menganggu aktivitas dan orang-orang di sekitar. Makanya, makan pepaya bisa meredakan flu karena kandungan vitamin C di dalamnya ampuh menambah kekebalan tubuh.

Pada dasarnya kekebalan tubuh yang berkurang akan mudah terserang penyakit, sehingga perawatan atau bahkan pencegahan patut dilakukan.

3. Mencegah penyakit atau serangan jantung

Tidak hanya pisang, tapi pepaya juga berperan dalam menyehatkan jantung. Kandungan antioksidan dalam pepaya mampu menurunkan kolestrol jahat dan menurunkan risiko kardiovaskuler yang sewaktu-waktu bisa menyerag jantung, serta menyebabkan stroke.

Manfaat pepaya untuk kecantikan

Selain bidang kesehatan, dunia kecantikan juga seakan tidak mau lepas dari buah ini. Sederet perusahaan penghasil produk kecantikan berupa kosmetik dan krim perawatan kulit bahkan terbukti selalu memasukkan ekstrak pepaya sebagai teknik marketing mereka.

Itu semua dikarenakan pepaya secara original memang menyimpan banyak khasiat yang belum diketahui masyarakat seperti misalnya:

1. Membuat kulit tampak lebih lembab

Tahukah kamu, pepaya punya banyak kandungan kolagen di dalamnya? Nah zat satu ini dikenal memang mampu melembabkan dan membuat wajah tampak elastis dari biasanya.

Kandungan kolagen dari pepaya juga bisa diperoleh dengan cara mengonsumsinya langsung atau menjadikannya masker alami.

Untuk masker, kamu bisa menghaluskan pepaya sampai benar-benar lembut, lalu tambahkan satu sendok madu dan balurkan ke permukaan kulit wajah. Setelah itu, diamkan selama 20 menit.

Jika sudah, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membilasnya menggunakan cuka apel lalu barulah air dingin.

2. Memutihkan kulit

Pepaya juga mampu memutihkan kulit dan memberikan efek cerah. Cara memutihkan wajah dengan pepaya adalah rajin mengenakan masker yang mengandung ekstrak buah pepaya sebanyak dua kali dalam satu hari.

Kamu bisa mencampur pepaya yang sudah dihaluskan dengan madu, dan bubuk kayu manis. Ketiganya dicampur tanpa tambahan air, karena pepaya sudah mengandung mineral dan madu juga cair.

Setelah itu oleskan ke wajah secara merata, kecuali bagian bawah mata dan area bibir ya. Diamkan beberapa menit lalu bilas menggunakan air hangat.

3. Memperlambat penuaan dini

Kandungan vitamin dan berbagai zat dalam pepaya juga mampu meremajakan kulit, menghilangkan kusam, serta mengembalikan kondisi kulit pada keadaan yang lebih baik.

So, kamu cukup mengenakan masker dari pepaya saja tanpa memperkayanya dengan bahan alami lain.

4. Mengobati iritasi kulit

Campuran pepaya dan kayu manis mampu mengatasi iritasi kulit akibat jerawat, penggunaan produk kosmetik berbahan keras, dan lainnya.

Ingat ya, sebelum menggunakan masker ada baiknya cuci muka dulu sampai bersih, keringkan, lalu barulah mengaplikasikan pepaya di permukaan wajah.

Pepaya memiliki jenis dan varian yang berbeda. Paling mencolok dan banyak diburu pembeli adalah pepaya Thailand dan pepaya kuning.

Kamu bisa menggunakan keduanya tanpa harus khawatir dengan khasiat berbeda yang dikantongi oleh masing-masing jenis, karena pada dasarnya semua pepaya punya manfaat serupa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *