Hidup Sehat

Menu Makanan yang Paling Lengkap dan Sehat untuk Anak Umur 16 Bulan

Menu makanan untuk anak usia 16 bulan harus penuh dan beragam dalam makanan yang berbeda. Hal ini tidak hanya membantu bayi Anda terbiasa dengan makanan baru tetapi juga membantu menyeimbangkan nutrisi. Bagi Anda para orang tua yang kebingungan memilih menu yang sesuai, berikut adalah pilihan menu makanan untuk anak usia 16 bulan.

1. Sereal

Sereal adalah sumber kalori yang sangat besar, dengan sumber utama pati. Hal ini sangat diperlukan dalam setiap makan orang. Sereal bervariasi, dengan banyak pilihan untuk Anda masukkan ke dalam makanan harian bayi Anda. Sertakan: nasi, gandum, jagung, jelai, gandum, Setiap jenis bahan tersebut juga memiliki proses yang berbeda. Dorong anak Anda untuk makan biji-bijian dan biji-bijian halus, karena mereka menyimpan lebih banyak vitamin dan mineral. Namun, Kue, biskuit, hamburger yang lezat, sering menarik perhatian anak-anak.

2. Susu

usatoday.com

Pada bulan ke 16, Anda mungkin terus menyusui jika menginginkannya, namun harus dibatasi karena bayi perlu disapih. Pada saat ini, sistem pencernaan bayi lebih baik sehingga sangat memungkinkan untuk menyerap ASI di luar susu sapi, susu kedelai. Susu sangat bergizi, berperan penting dalam perkembangan bayi Anda tapi sebaiknya tidak minum terlalu banyak, akan membuat bayi Anda kenyang dan tidak bisa makan makanan padat lagi.

3. Yogurt

Jika bayi Anda tidak menyukai susu maka yogurt adalah pilihan tepat. Yogurt lebih mudah dimakan dan enak. Tidak hanya itu, yogurt juga memiliki banyak manfaat menguntungkan, membantu menunjang pencernaan tubuh.

4. Buah-buahan

Buah kaya akan vitamin dan mineral, jadi jangan lewatkan kelompok makanan ini untuk anak berusia 16 bulan. Berikan bayi Anda setidaknya 2 buah berwarna berbeda setiap hari. Kebanyakan anak tidak akan menolak rasa manis dan warna buah yang menarik.

5. Unggas

Hampir 15% anak di bawah 3 tahun tidak memiliki cukup zat besi. Unggas adalah sumber zat besi yang sangat baik sehingga harus disertakan dalam Menu untuk usia 16 bulan. Besi berperan penting dalam pembentukan sel darah. Kekurangan zat besi menyebabkan anemia dan penyakit terkait.

6. Sayuran

cdn.gov

Sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral, sehingga seratnya tinggi, mencegah sembelit. Selain itu, mengonsumsi lebih banyak sayuran akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan berbagai infeksi dan penyakit. Pilih sayuran berwarna berbeda dalam makanan.

7. Kacang

Kacang sangat besar manfaatnya untuk pertumbuhan anak, biasanya kacang merah, kacang hitam, kacang kedelai, kacang hijau, kacang polong. Secara umum, makanan ini kaya akan protein, zat besi, vitamin B dan serat. Setiap minggu, bayi Anda perlu makan beberapa kali kacang-kacangan. Perhatikan bahwa ibu harus menambahkan kacang untuk menambah nutrisi anak.

8. Telur

Telur kaya nutrisi, kaya akan protein, lemak dan beberapa nutrisi lainnya. Telur cukup sehat, gurih dan mudah dimasak; Tidak seperti daging, ikan, udang. Ada banyak cara memasak: direbus, dikukus atau digoreng. Namun, sama sekali tidak memberikan makan anak telur mentah.

9. Ikan

Anak kecil membutuhkan lemak seperti EPA dan omega-3 untuk tumbuh paling baik. Yang mana lemak sehat ini kebanyakan terdapat pada ikan, terutama ikan laut. Anda harus memberi bayi Anda 2-3 porsi ikan seminggu. Perhatikan, hindari ikan yang mengandung merkuri dalam jumlah tinggi seperti hiu, ikan todak.

10. Keju

Siapa bilang balita atau anak kecil tidak dibolehkan makan keju? Keju kaya akan gizi ataupun nutrisi seperti protein, vitamin, kalsium yang kesemuanya merupakan zat yang tentunya baik bagi semua orang, tak terkecuali untuk balita di masa tumbuh kembangnya.

Ada bermacam jenis keju yang beredar di pasaran, bahkan beberapa diantaranya aman dikonsumsi si kecil. Keju jenis parmesan, keju cheddar, keju mozarella, dan keju edam adalah beberapa diantaranya. Karena rasanya yang gurih, keju ini dapat ditambahkan kedalam campuran makanan si kecil untuk menambah citarasa.

Itulah tadi menu makanan untuk anak usia 16 bulan, termasuk kelompok makanan yang paling penting untuk pertumbuhan anak. Mari tambahkan makanan di atas untuk menciptakan makanan lezat dan menarik bagi bayi Anda agar dapat memastikan anak memiliki lebih banyak nutrisi untuk tubuh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *