Wawasan

Kolam Ikan Minimalis Berbentuk Unik

Kolam Ikan Minimalis – Ikan adalah salah satu hewan peliharaan yang mudah dalam perawatannya. Bagi Anda yang hobi mengoleksi ikan hias tentu sudah menjadi hal wajib memiliki kolam ikan. Ikan air tawar baik hanya sebagai ikan hias ataupun yang bisa dikonsumsi membutuhkan tempat yang nyaman agar ikan tidak stres dan mati.

Kolam ikan minimalis menjadi kebutuhan keluarga karena dinilai lebih aman daripada menggunakan akuarium yang berisiko pecah dan mengotori rumah. Kolam ikan yang banyak debit airnya dengan pergantian aliran air yang baik sudah cukup untuk bisa merawat ikan dengan baik. Asalkan bentuk kolam memadai dan tidak terlalu dangkal akan mencegah serangan hewan peliharaan lain seperti kucing atau anjing.

Apa saja yang harus diperhatikan untuk pembuatan kolam ikan yang unik? Berikut selengkapnya.

Ukuran Kolam Ikan Minimalis

Ukuran Kolam Ikan Minimalis

Ukuran kolam yang sederhana bisa Anda perkirakan sekitar 1×2 meter atau 2×2 meter dengan kedalaman 50 cm. Ukuran kolam ikan desain minimalis ini adalah ukuran yang paling standar dan cukup kecil, sehingga tidak memakan ruang banyak. Bentuk kolam yang paling sederhana adalah bentuk kolam seperti bak mandi.

Anda tinggal menambahkan filter dan selang air. Tidak perlu menggunakan pernak-pernik kolam apabila menginginkan bentuk kolam yang simple ini. Adapun apabila Anda menginginkan bentuk kolam yang ‘tidak normal’, Anda tetap bisa menggunakan ukuran di atas sebagai patokan dasar.

Letak Kolam Ikan Minimalis

Letak Kolam Ikan Minimalis

Kolam ikan desain minimalis dengan bentuk sederhana dan ukuran yang kecil bisa Anda letakkan di dalam rumah dengan menyiapkan tempat terang tanpa atap diantara kamar mandi atau dekat ruang keluarga.

Menyatu dengan pembuangan air wudhu mushola di rumah juga terbilang unik. Kolam yang berada di bawah lantai depan mushola rumah bisa menyejukkan suasana, letak di pojok antar pagar tembok juga tidak masalah karena sudah pasti ruang yang digunakan tidak mengganggu ruang gerak.

Desain Kolam Ikan Minimalis Dengan Air Mancur

Desain Kolam Ikan Minimalis Dengan Air Mancur

 

  1. Desain yang bisa Anda pikirkan adalah desain kolam ikan berbentuk melingkar dengan pancuran air di tengahnya seperti kolam ikan atau desain air mancur di taman kota.
  2. Bisa juga membentuk kolam ikan yang sangat unik seperti bunga teratai yang sedang mekar sebagai air mancurnya dan dengan kolam bentuk daun teratai sebagai tempat ikannya.
  3. Anda bebas berkreasi bentuk kolam ikan yang kecil dan tidak makan tempat, missal berbentuk mangkuk.
  4. Pisahkan tempat ikan hias yang berkarakter kanibal dengan ikan lainnya.
  5. Bentuk kolam ikan dengan aliran air seperti air terjun. Air terjun buatan ini tentu hanya memiliki ukuran yang sangat kecil meskipun aliran airnya deras seperti air terjun. Konsultasikan kepada desainer untuk membuat kolam jenis ini.

Membuat kolam ikan diusahakan sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda, apalagi jika ikan yang dipelihara hanya beberapa ekor saja. Kolam ikan yang ideal tentu kolam yang bersih dan terbebas dari air yang terkontaminasi bahan kimia, termasuk pemutih air seperti kaporit.

Anda juga harus memperhatikan cara merawat ikan peliharaan apabila ingin dikembangbiakkan. Pemberian pakan yang cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan juga patut diketahui.

Kolam ikan minimalis, meskipun terlihat mudah dibersihkan, juga perlu dikuras secara berkala agar bakteri, plankton, dan ganggang air yang tumbuh tidak semakin banyak sehingga menimbulkan penyakit pada ikan. Gunakan pakan yang bervariasi antara pakan pellet dengan pakan yang alami dari dedaunan secara selang-seling agar ikan tetap sehat dan panjang umur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *