Wawasan

Kolam Ikan Hias Ala Jepang

Kolam Ikan Hias ala Jepang – Banyak jenis ikan hias yang bisa mempercantik rumah Anda. Ada jenis ikan hias air tawar ataupun ikan laut yang dapat digunakan. Ikan hias seharga satu ribu rupiah per ekor hingga yang bernilai puluhan juta pun bisa Anda dapatkan. Semakin tinggi harga jualnya, maka perawatannya juga semakin sulit.

Kolam ikan hias adalah salah satu perlengkapan alternatif yang alami ketimbang memakai akuarium kaca. Kolam ikan biasa dibuat di luar ruangan rumah agar tidak membahayakan akan kecil seperti, tercebur ke dalam kolam. Namun, dengan adanya kolam, ikan akan lebih leluasa bergerak dan lebih banyak tempat berlindung dari sinar matahari.

Ikan juga tidak akan mudah stress sehingga bisa dirawat hingga besar, dikembangbiakkan, dan bahkan bisa dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Tidak hanya sekadar hobi namun juga bisa sebagai gaya hidup.

Letak dan Bentuk Kolam Ikan Hias

Letak dan Bentuk Kolam Ikan Hias

Kolam ikan bisa Anda desain dengan letak berada di bawah serambi samping rumah. Desain kolam ikan yang lebar namun dengan kedalaman kurang dari 2 meter. Untuk letak, tentu tergantung dari arah dan bentuk rumah Anda yang bisa Anda. Letaknya pun bebas tergantung selera Anda baik untuk indoor ataupun outdoor (backyard ideas)

Kolam jenis ikan hias tersebut bisa berbentuk melingkar, melebar dengan bentuk tidak beraturan, bertingkat, berbentuk asimetris, berbentuk geometri, berbentuk bak namun berdinding kaca pada salah sati sisinya, atau dengan tambahan aliran air seperti aliran sungai.

Suasana Sekitar Kolam Ikan Hias Seperti di Jepang

Suasana Sekitar Kolam Ikan Hias Seperti di Jepang

Suasana seperti pancuran air yang dihubungkan dengan selang dari bambu, dinding atau pagar dari kayu, serta pentingnya air jernih seperti di sungai menjadi khas kolam jenis ikan hias ala Jepang.

Jepang memang terkenal dengan desain interiornya yang serba kayu dan pemanfaatan bambu sebagai upaya budaya ‘back to nature. Tambahkan pohon bambu kuning, rerumputan, dan jalan setapak dari kayu. Penambahan dek kayu yang menghubungkan rumah dengan taman kolam ikan semakin membuat harmonis suasana.

Tambahan Tanaman Bonsai di Sekitar Kolam Ikan Hias

Tambahan Tanaman Bonsai di Sekitar Kolam Ikan Hias

Tanaman bonsai adalah tanaman yang ‘dikerdilkan’ untuk diperlambat pertumbuhannya agar perawatannya lebih mudah dan tidak memakan banyak lahan tanah. Tanaman bonsai bisa ditanam di pot dan sangat praktis. Meletakkan tanaman bonsai di area sekitar kolam jenis ikan hias menjadikan suasana Jepang semakin kental.

Tanaman bonsai yang bisa Anda pilih adalah tanaman bonsai bunga kamboja, pohon asem, cemara udang, pinus, dan masih banyak lagi. Tidak hanya bonsai dan tanaman teratai, tanaman air lainnya juga bisa ikut berperan penting.

Tidak hanya sebagai pemercantik kolam, namun beberapa tanaman bisa sekaligus untuk membersihkan kolam dengan menjaga air kolam tetap bersih seperti, bunga lotus, apu-apu, dan bambu air.

Meskipun model rumah Anda memiliki konsep modern dan bahkan elegan, namun hanya dengan menambahkan tanaman bonsai dan jalan setapak saja sudah cukup untuk mendapatkan suasana seperti di Jepang. Anda harus pintar-pintar memadukan gaya tradisional dengan gaya modern yang mewah agar bisa tetap terlihat harmonis dan tidak ada unsur yang terlalu menonjol.

Kolam ikan hias ala Jepang yang bernuansa tradisional tetap bisa dipadukan dengan nuansa bangunan modern. Kolam ikan ala Jepang biasanya ada penambahan jembatan kecil dari kayu di tengah-tengah kolam, namun, Anda tidak perlu menambahkan interior tersebut karena akan menimbulkan ketidakharmonisan antara bangunan rumah Anda dengan taman yang ada kolamnya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *