Wawasan

10 Khasiat Labu Siam yang Masih Jarang Diketahui

Khasiat labu siam – labu siam adalah salah satu sayuran yang sangat banyak diemari oleh oleh masyarakat indonesia karena rasanya yang gurih dan juga harganya sangat terjangkau. Biasanya yang lebih banyak digunakan dari sayuran ini adalah buahnya, namun bukan berarti daunnya tidak bisa dimanfaatkan.

Ciri khas labu siam dapat dilihat dari kulit buahnya yang berwarna hijau dan dipenuhi dengan duri-duri kecil yang sangat tajam. Sehingga Anda harus berhati-hati saat memetik buah labu siam. Nah, pada tulisan kali ini, kita akan mengulas beberapa khasiat labu siam yang mungkin beberapa diantaranya belum anda ketahui.

1. Labu Siam Dapat Mencegah Sembelit

khasiat labu siam untuk kesehatan
alfidy.com

Dengan mengkonsumsi labu siam, berarti kita juga menambah asupan serat yang dibutuhkan tubuh kita. Serat tersebut dapat melancarkan proses pencernaan dalam tubuh kita, sehingga mengkonsusmi buah sayuran ini bisa mencegah terjadi sembelit.

2. Mengurangi Resiko Stroke

Berdasarkan penelitian, kadar hormosistein yang berlebih dalam darah dapat memicu timbulnya beberapa penyakit, diantaranya resiko terkena stroke sampai penyakit jantung. Untuk mengatasi hal itu, labu siam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena sayuran ini mengandung asam folat. Karena asam folat sangat membantu dalam mengontrol dan menstabilkan hormosisten dalam darah.

3. Mencegah Anemia

Bagi anda yang memiliki riwayat anemia, konsumsilah labu siam secara teratur dan tidak perlu buru menggunakan obat-obatan kimia. Dalam labu siam terkandung vitaminB2 dan zat besi yang bisa membantu anda mengontrol kadar sel darah merah dan hemoglobin

4. Mencegah Penyakit Jantung

khasiat labu siam hijau
femina.co.id

Labu siam mengandung banyak vitamin esensial, salah satunya adalah vitamin C yang cukup banyak dalam sayuran ini. Yang mana vitamin ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Vitamin C sebagai anti oksidan dapat mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas seperti penyakit jantung.

5. Labu Siam Dapat Mengobati Kembung

Meskipun kembung ini bukanlah penyakit serius tapi tentunya sangat mengganggu. Salah satu mengatasi kembung yaitu dengan minum teh yang dicampur dengan irisan daging labu siam. Ini karena labu siam mengandung beberapa unsur yang termasuk dalam golongan zat diuretik yang bermanfaat untuk mengobati perut kembung.

6. Labu Siam Sebagai Sumber Mineral

Sayuran yang sangat mudah kita dapatkan ini juga mengandung berbagai mineral seperti zat besi, fostor dan lain-lain. Tubuh kita membutuhkan mineral-mineral ini untuk menjaga sistem kekebalan, menjaga kekuatan dan kepadatan tulang gigi, mempertahankan kesehatan metabolisme.

7. Mengatasi Asam Urat

Sayuran ini juga dipercaya bisa mengatasi asam urat. Bagi anda penderita asam urat, sebaiknya memasukkan sayuran ini dalam menu makan harian anda.

8. Mencegah Penuan Dini

Semua orang pasti tdak ingin mengalami hal ini, apalagi para wanita. Kerutan dan garis halus yang muncul di wajah memang seringkali membuat kita jadi kurang percaya diri.
Kok kelihatan tua, padahal usia masih muda. Anda pasti tidak ingin mendengar kata-kata seperti ini ditujukan kepada anda. Untuk itu, perbanyaklah konsumsi labu siam untuk mengatasi penuan dini pada wajah anda.

9. Khasiat Labu Siam Untuk Mengatasi Asam Urat

Salah satu cara ampuh mengatasi asam urat yaitu dengan meminum air parutan labu siam. Oleh karena itu, penderita asam sangat dianjurkan mengkonsumsi labu siam.

10. Memperbaiki Mood

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa orang yang kadar selenium dalam tubuhnya rendah menunjukkan mood yang buruk. Karena selenium berperan memperbaiki mood. Dan kandungan selenium pada labu siam cukup baik. Sehingga sayuran ini sangat bagus dikonsumsi untuk memperbaiki mood anda.

Itulah ulasan singkat mengenai khasiat labu siam untuk kesehatan tubuh. Olehnya itu, hendaknya Anda dan keluarga menjadikan sayuran ini sebagai bagian dari menu makanan keluarga. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *