Lini Bisnis

5 Tips dan Cara Negosiasi Gaji Bagi Fresh Graduate

Cara Negosiasi Gaji – Salah satu kesalahan yang sering dialami oleh seorang pemula atau fresh graduate yang baru mendapatkan pekerjaan ialah menerima begitu saja berapapun jumlah gaji yang ditawarkan oleh perusahaan. Padahal melakukan negosiasi gaji dengan perusahaan atau instansi yang menerima kamu bekerja, sah sah saja. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa kamu bekerja bukan hanya sekedar mengembangkan diri saja, namun juga untuk mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan hidup kamu, apalagi jika kamu sudah menjadi tulang punggung keluarga.

Persoalan gaji memang sering dianggap tabu oleh kebanyakan orang, apalagi bagi para pemula sehingga mereka enggan membicarakan persoalan gaji. Yang penting diterima dan mendapatkan bayaran yang cukup untuk hidup, itu sudah cukup. Nah, bagi kamu yang masih menganggap persoalan gaji sebagai hal yang tabu atau masih malu malu membicarakannnya karena merasa tidak nyaman, pada artikel kali ini akan kita berikan tips cara negosiasi gaji dan mintalah gaji lebih sepadan dengan kualitas kamu.

Cara Negosiasi Gaji Yang Baik dan Tidak Menimbulkan Kesan Buruk

tips negosiasi gaji
alfidy.com

Berikut ini beberapa tips ampuh negosiasi gaji bagi para pemula:

1. Jangan Lakukan Negosiasi Saat Interview, akan Lebih Kalau Negosiasi Kamu Lakukan Setelah Diterima Kerja

Jangan sama sekali menyinggup masalah gaji saat masih dalam tahap wawancara karena hal itu akan berakibat buruk bagi kamu. Apalagi jika kamu menyertakan negosiasi gaji bersamaan dengan surat lamaran kerja yang kamu kirim, dijamin kamu tidak akan pernah dipanggil untuk proses selanjutnya.

Agar lebih aman dan lebih masuk akal, lakukanlah negosiasi gaji setelah kamu dipastikan diterima di sebuah perusahaan, namun tentunya bukan dengan sembrono kamu menyebutkan nominal yang kamu inginkan. Kamu bisa menyebutkan kisaran gaji yang kamu inginkan dengan bahasa kiasan karena para atasan juga pasti sudah paham kisaran gaji yang sesuai dengan posisi yang akan kamu duduki di perusahaan mereka.

2. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Riset merupakan hal yang sangat penting sebelum kamu negosiasi gaji dengan perusahaan agar kamu tidak membuat kesalahan yang membuat kamu dicap buruk oleh atasan. Lakukanlah riset berapa kisaran gaji yang diterima oleh posisi yang akan kamu tempati dengan kualitas yang kamu miliki.

Riset ini perlu dilakukan agar kamu tidak melakukan kesalahan dalam menentukan jumlah gaji yang kamu inginkan. Jangan sampai kamu meminta gaji yang melebihi batas untuk posisi dan kemampuan yang kamu miliki sekarang.

3. Biarkan Mereka yang Memberikan Penawaran Terlebih Dahulu, dan Usahan ada Jeda Setelah Itu Agar Terkesan Kamu Sedang Mempertimbangkan Banyak Hal.

tips negosiasi gaji karyawan baru
http://bisnis.liputan6.com

Setelah kamu sudah diterima kerja di sebuah perusahaan dan kamu masih sungkan menyampaikan terkait jumlah gaji yang kamu inginkan, kamu bisa membiarkan mereka yang memberikan penawaran terlebih dahulu. Setelah mereka menyebutkan kisaran gaji yang mereka tawarkan, kamu bisa diam sejenak seolah olah kamu sedang berpikir dan mempertimbangkan sesuatu.

Dengan diam sejenak sebelum kamu menanggapi tawaran yang mereka sebutkan, selain memberimu kesempatan memikirkan tawaran tersebut, hal itu juga bisa memberi peluang mereka akan menaikkan penawarannya ke angka yang lebih tinggi.

4. Naikkan setidaknya 10% dari penawaran mereka setelah mereka bertanya apakah kamu terima.

Bila mereka akhirnya menyebutkan angka pasti dan bertanya apakah kamu terima dengan jumlah gaji tersebut. Kamu bisa menaikkan tawaran dari mereka sekitar 10%, bahkan bisa juga lebih asalkan tetap rasional. Bila kamu adalah orang yang belum punya pengalaman sama sekali dan mengajukan tawaran yang terlalu tinggi dan tidak rasional, hal itu justru akan menjadi bahan tertawan yang akhirnya memberikan kesan buruk tentang kamu. Jadi, ingat untuk tetap rasional.

5. Jangan langsung menyerah dengan nominal yang mereka tetapkan, cobalah meminta lebih keras agar menaikkan penawarannya dengan menyebutkan alasan kamu layak digaji lebih tinggi.

Bagi pemula, kamu harus tahu bahwa tidak akan mudah meminta angka di atas yang ditetapkan oleh perusahaan. Namun bukan berarti kamu bisa pasrah sepenuhnya. Cobalah bernegosiasi dengan baik agar nominalnya mereka naikkan dan sampaikan alasan kenapa kamu layak mereka bayar lebih tinggi. Tidak masalah kamu membandingkan gaji di tempat yang lain dengan posisi yang sama jika angka yang mereka tawarkan memang terlalu kecil.

Bila pada akhirnya mereka tetap pada pendirian tidak mau lagi menaikkan nominal yang mereka tawarkan, kamu bisa ambil jalan lain dengan manegajukan kompensasi. Bisa beruapa BPJS, pajak, uang makan, atau lainnya.

Itulah beberapa tips negosiasi kerja yang bisa membantu kamu dalam usaha mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari pekerjaan yang akan kamu jalani. Agar negosiasi kamu berjalan lancar, gunakan kata pengantar yang baik saat mulai melakukan tawar manawar. Tetap bertutur kata yang sopan dan ingat kamu harus jujur dalam bernegosiasi. Jangan menyebutlan sesuatu diluar kemampuan kamu. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *